Saklar Pembatas (Limit Switch) Adalah, Pengertian Dan Cara Kerjanya

Saklas Pembatas Adalah

Pasti kalian tidak asing dengan kata Saklar Pembatas atau Limit Switch, Atau mungkin kalian golongan yang belum tahu mengenai apa itu limit switch? Pertanyaan itu bisa jadi muncul karena belum pernah melihat apa itu limit switch.

Singkatnya limit switch atau saklar pembatas adalah sebuah alat yang digunakan untuk membatasi sebuah kinerja suatu obyek. Namun, yang perlu kita pahami mengenai saklar pembatas dengan saklar listrik pada umunya itu berbeda.

Gambar Saklar Pembatas

Gambar Saklar Pembatas (Sumber: tokopedia.net)

Pengertian Limit Switch atau Saklar Pembatas

Secara teknisnya limit switch / saklar pembatas adalah saklar atau perangkat elektro mekanis yang mempunyai tuas akuator sebagai pengubah posisi kontak terminal dari Normally Open (NO) ke Normally Close (NC) atau sebaliknya.

Sama halnya dengan saklar pembatas juga mempunyai 2 kondisi diantaranya menghubungkan atau memutuskan aliran arus listrik.

Simbol Saklar Pembatas

 

Simbol Saklar Pembatas (Sumber: elektronika-dasar.web.id)

Sistem dan Cara Kerja Saklar Pembatas

Pada umumnya sakelar kerjanya akan dikendalikan secara manual oleh operator atau manusia, bisa di putar atau di tekan tergantung jenis saklarnya.

Sedangkan sakelar pembatas dibuat dan dirancang dengan sistem kerja yang berbeda, sakelar pembatas dibuat dengan sistem kerja yang dikontrol oleh dorongan atau tekanan (kontak fisik) dari gerakan objek pada akuator, dengan seperti ini bertujuan untuk membatasi gerakan atau suatu kondisi dengan cara memutuskan atau menghubungkan aliran listrik yang melalui terminal kontaknya. baca juga 12 jenis crane yang digunakan dalam industri.

Fungsi, Jenis dan Contoh Penerapan saklar pembatas 

Jenis pada saklar pembatas di bedakan menjadi beberapa fungsi sesuai kebutuhannya, dan contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Sistem kontrol mesin, sebagai sensor guna mengetahui posisi up atau Down dan sebagainya.
  • Tutup atau kover mesin sebagai keamanan apabila kover di buka maka mesin akan mati.
  • Pada sistem transfer seperti pada trolly dan conveyor, sebagai pembatas maju dan mundurnya (Forward Reverse).
  • Penerapan pada hoist Sebagai pembatas pengangkat barang.
  • pintu gerbang otomatis, di mana limit switch degunakan untuk mematikan motor listrik sebelum pintu gerbang itu menabrak pagar pembatas saat membuka atau menutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *